Cara Memasang Pagar Beton di Sawah Yang Kokoh

 

Kebutuhan pagar sebagai pembatas lahan semakin penting karena tingkat penyerobotan lahan semakin lama semakin banyak. Salah satu lahan yang paling banyak diserobot adalah lahan sawah.

Lahan sawah adalah salah satu aset penting saat ini karena kebutuhan akan produk-produk pertanian seperti padi dan kacang-kacangan semakin banyak.

Dengan demikian pemagaran lahan sawah menjadi suatu keharusan bilamana kita belum bisa mengolah lahan tersebut secara optimal. Jika kita terlalu lema membiarkan maka kita harus siap jika sebagain lahan milik kita diambil oleh orang lain.


Salah satu jenis pagar yang paling banyak digunakan untuk memagari sawah adalah pagar panel beton. Jenis pagar ini dipilih masyarakat karena kuat, rapi dan proses pemasangannya yang cepat.

Apa Itu Pagar Panel Beton ?

Pagar panel beton adalah produk inovasi beton yang berbentuk lembara-lembaran sebagai dinding utama dan kolom sebagai penopangnya dengan sistem knock down.

Karena bahan penyusun utamanya adalah beton maka bisa dipastikan pagar jenis ini sangatlah kuat. Kelas mutu beton yang digunakan untuk untuk pagar minimal K225 (tahan terhadap tekanan sebesar 225 kg/cm2).

Baca Juga : 4 langkah menghitung kebutuhan beton untuk dak rumah

Untuk kelas mutu beton ini sebenarnya bisa request sesuai keinginan sampai dengan K350. Dengan kelas mutu beton tersebut dijamin pagar anda akan kokoh dan tahan lama.

Harga Pagar Beton Terpasang

Harga pagar panel beton terpasang di wilayah jogja dan jawa tengah berdasarkan situs resmi readymixjogja.com cukup barvariatif mulai dari Rp 300.000 - 640.000/m1.

Berikut adalah daftar harga pagar panel beton terpasang di area Jogja dan Jawa Tengah 2024.



Cara Pemasangan Pagar Beton di Sawah

Cara pemasangan pagar panel beton di lahan basah seperti sawah memerlukan teknik khusus tidak bisa disamakan dengan teknik pemasangan pagar beton di lahan kering dan padat.

Pondasi batu kali merupakan material yang wajib kita bangun terlebih dahulu sebelum lahan sawah dipasangi pagar beton.

Pondasi batu kali bentuk lajur/menerus lebih utama dibanding pondasi batu kali bentuk umpak/tapak. Kekurangan pondasi batu kali bentuk lajur adalah biayanya yang tinggi.


Jika budget kita kecil kita bisa menggunakan pondasi batu kali bentuk umpak dengan modifikasi. Modifikasinya adalah memperlebar lebar bawah minimal 65 cm. 

Selain pondasi batu kali bentuk umpak kita bisa memperkuat konstruksi pagar dengan menambahkan buis beton untuk setiap kolom pagar. Berikut adalah gambar pemasangan pagar beton di lahan sawah.


Untuk panduan detail pemasangan pagar panel beton bisa dibaca di situs terpercaya https://multiconjayabeton.com/. 

Situs tersebut merupakan situs resmi CV Multicon Jaya Beton sebuah perusahaan terkenal di jogja yang memproduksi pagar panel beton berkualitas.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url