Harga Pasir Jogja dan Jawa Tengah Terlengkap

Harga pasir di Jogja dan Jawa Tengah berkisar antara Rp 85.000 – 250.000,-/m³ tergantung jenis dan kualitas pasir. Jenis pasir yang ada di Jogja dan Jateng yaitu pasir vulkanik (muntilan), pasir  sungai (progo dan pantura), pasir beton dan pasir laut.

ciri kegunaan dan harga pasir di jogja dan jawa tengah

Pasir merupakan salah satu material terpenting dalam bangunan rumah, beton pracetak dan konstruksi bangunan lainnya. Sebanyak 60-70% material pembuatan beton berasal dari pasir. Pasir menjadi kebutuhan pokok dalam setiap konstruksi bangunan modern.

Definisi Pasir

Pasir adalah material berbentuk butiran yang berukuran antara 0,0625 sampai 2 mm, terbentuk dari silikon dioksida namun ada juga yang terbentuk dari batuan kapur.

Pasir dalam dunia mortar (beton) sering disebut sebagai agregat halus. Agregat halus adalah material granular yang berasal dari batu yang terbentuk baik secara alami maupun proses disintegrasi oleh industri pemecah batu yang memiliki ukuran butir terbesar 5 mm.

Jenis Pasir di Jogja dan Jawa Tengah

Terdapat banyak jenis pasir yang diperjualbelikan di wilayah Jogja dan Jawa Tengah. Pasir yang telah diperjualbelikan secara masif oleh masyarakat berarti bahwa jenis pasir tersebut dibutuhkan oleh masyarakat.

Namun dari berbagai jenis pasir yang beredar di masyarakat hanya ada beberapa yang masuk kategori kualitas bagus. 

Berikut adalah jenis pasir yang berkualitas yang dapat kamu temukan di wilayah Jogja dan Jawa Tengah.

Pasir Vulkanik Merapi

Pasir vulkanik adalah pasir yang terbentuk dari aktivitas gunung berapi yang masih aktif. Batuan alam yang tersimpan di dalam gunung berapi mengalami pelapukan karena adanya suhu yang sangat tinggi di dalam kawah.

kegunaan dan harga pasir vulkanik merapi di jogja


Ciri utama pasir vulkanik adalah memiliki warna yang dominan hitam meskipun ada juga yang berwarna sedikit keabuan. Memiliki tekstur yang halus (akan terasa saat kita genggam) sehingga tidak mudah menggumpal.

Berdasarkan beberapa penelitian, pasir vulkanik dari gunung api merapi memiliki kadar penyerapan air sebesar 4,8 – 7%, kandungan lumpur 3,2 – 6% dan berat jenis 1.520 – 2.420 kg/m.

Pasir vulkanik sangat cocok untuk pembuatan beton seperti pagar panel beton, u-ditch, kanstein, beton readymix. Jenis pasir ini juga cocok untuk campuran semen dalam pembuatan dinding rumah atauun gedung.

CV Multicon Jaya Beton dalam memproduksi pagar panel beton selalu menggunakan pasir merapi, selain karena mengedepankan kualitas juga karena lokasi produksi berada di lereng merapi sehingga sangat mudah untuk mendapatkannya.

Pasir Sungai

Pasir sungai adalah pasir yang bersumber dari penggalian dan penambangan di sungai. Pasir sungai terbentuk dari batuan alam yang saling bergesekan menjadi beberapa bagian yang kecil kemudian mendapat gesekan aliran air sungai secara terus menerus dalam waktu yang lama.

ciri kegunaan dan harga pasir sungai


Di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah pasir sungai yang paling terkenal adalah pasir kali progo yaitu pasir yang berasal dari penggalian dan penambangan di sepanjang aliran sungai progo.

Pasir sungai progo berkualitas karena besarnya aliran air dan jenis batuan atau material terbentuknya pasir. Lahar dingin merapi yang berupa material pasir + lumpur terbawa air sampai ke aliran sungai progo, sehingga sangat mungkin material pasir sungai progo dengan pasir vulkanik (muntilan) memiliki kesamaan

Sedangkan di wilayah Jawa Tengah pasir sungai yang dapat kita temukan seperti pasir sungai bandungan, pasir sungai tengguli dan pasir sungai klepu. Jenis pasir tersebut memiliki kualitas yang berbeda namun masih tetap dapat digunakna untuk konstruksi bangunan.

Pasir sungai memiliki ciri khas yaitu butirannya bulat karena mengalami proses gesekan dengan air dalam waktu yang lama. Warna pasir sungai beragam yakni coklat, coklat kehitaman dan kuning kecoklatan.

Pasir Beton

Pasir beton adalah jenis pasir yang memiliki ukuran kurang lebih sama dengan pasir vulkanik namun memiliki spesifikasi kadar lumpur <5% (sesuai dengan ketentuan PBBI 1971 NI-2). Jenis pasir ini bisa berasal dari pasir vulkanik dan pasir sungai tergantung kadar lumpur pada masing-masing jenis pasir tersebut.

gambar pasir beton di jogja


Jenis pasir ini memiliki ukuran 2,6 – 5 mm, berwarna hitam dan juga abu-abu gelap. Bentuk butiran bulat (berasal dari sungai) hingga runcing (berasal dari pasir vulkanik).

Salah satu ciri khas pasir ini adalah bertekstur halus sehingga tidak menggumpal saat kita genggam. Cara ini sangat mudah kita lakukan untuk menguji kualitas pasir beton.

Pasir Laut

Pasir laut adalah pasir yang berasal dari proses penggalian dan penyedotan di laut. 

Proses terjadinya pasir laut yaitu adanya gesekan antar batu di dalam laut akibat gelombang laut yang tinggi. Gesekan tersebut membuat batu pecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil kemudian menjadi deposit di dasar laut. Deposit tersebut kemudian tergesek oleh aliran air sehingga halus dan berbentuk bulat..

Ciri fisik pasir laut adalah berwarna cerah, berukuran kecil yaitu berkisar antara 0.55 – 2.5 mm dan bentuknya bulat. Ciri fisik lainnya adalah memiliki gradasi ukuran yang seragam dan memiliki daya lekat yang cenderung lemah karena bentuknya bulat.

Kegunaan Masing-Masing Jenis Pasir

Karena kualitas dan karakter masing-masing pasir yang ada di Jogja dan Jawa Tengah beragam, maka peruntukan atau kegunaan pasir tersebutpun tidak bisa disamaratakan.

Berikut adalah tabel kegunaan masing-masing pasir yang ada di Jogja dan Jawa Tengah.

Harga Masing-Masing Jenis Pasir 

Berikut adalah harga masing-masing jenis pasir beserta ciri-cirinya di Jogja dan Jawa Tengah.

Jenis Pasir Kegunaan Harga
Pasir Vulkanik Merapi Beton pracetak (pagar panel beton, U-Ditch, Kantein), bangunan rumah, plester dinding 135.000/m3 (kurang dari 1000 m3), 175.000 (kurang dari 10.000 m3), 200.000 (lebih dari 20.000 m3)
Pasir Sungai Pondasi rumah, plesteran dinding rumah, batako, paving block 85.000-120.000/m3 (pasir sungai pantura), 150.000-250.000/m3 (pasir progo)
Pasir Beton Pagar panel beton, kanston, U-Ditch, Buis Beton, beton cor ready mix 150.000-220.000/m3
Pasir Laut Bata hebel dan campuran plesteran dinding rumah (seterlah dicuci) 90.000-150.000/m3


Keterangan: Harga pada tabel merupakan harga pasir pada saat tulisan ini ditulis (29 Juli 2021)
 
Jenis Pasir Ciri-Ciri Harga
Pasir Vulkanik Merapi Warna dominan hitam, butirannya runcing, tekstur halus, kandungan Silika dan Besi tinggi 135.000/m3 (kurang dari 1000 m3), 175.000 (kurang dari 10.000 m3), 200.000 (lebih dari 20.000 m3)
Pasir Sungai Warna hitam keabuan, butirannya bulat, tekstur halus, kandungan lumpur rendah - tinggi, menggumpal jika digenggam (kadar lumpur tinggi) 85.000-120.000/m3 (pasir sungai pantura), 150.000-250.000/m3 (pasir progo)
Pasir Beton Berwarna hitam dan hitam keabuan, butirannya runcing, tekstur halus, kadar lumpur rendah (<5 persen="" span=""> 150.000-220.000/m3
Pasir Laut Warna cerah, bentuk butiran bulat, tekstur halus, kadar garam klorida tinggi

90.000-150.000/m3
Keterangan: Harga pada tabel merupakan harga pasir pada saat tulisan ini ditulis (29 Juli 2021)



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url