Perbandingan Kekuatan Panel Beton, Bata Merah dan Batako

Kebingungan sering kita alami ketika akan menggunakan jenis material yang tepat untuk pembuatan dinding pagar. Apakah bata merah, batako, atau panel beton yang akan kita pilih sebagai bahan utama pembuatan dinding pagar.

perbandingan kekuatan panel beton, bata merah dan batako

Material tersebut sudah sangat populer di kalangan masyarakat karena memiliki kelebihan masing-masing. Setiap orang juga memiliki preferensi terhadap suatu material karena jiwa seni seseorang berbeda dengan yang lain.

Untuk menyamakan persepsi maka alangkah baiknya kita memahami fungsi utama pagar, adapun pengembangan pagar itu menjadi tahapan kedua yang perlu kita ketahui. 

3 Fungsi Utama Pagar

Setidaknya ada tiga fungsi utama pagar yaitu untuk meningkatkan keamanan penghuni rumah, memberi batas kepemilikan tanah secara jelas dan memperindah rumah atau kantor yang kita miliki.

Keamanan penghuni rumah dan aset bernilai di dalamnya merupakan hal utama yang haruskita lindungi dari tindakan kejahatan. Hal ini semakin penting mengingat tingkat pencurian di Indonesia berdasarkan jumlah desa mengalami peningkatan yang signifikan. BPS mencatat kenaikan jumlah desa yang mengalami pencurian pada 2011 sebesar 36,78% naik menjadi 45,01% pada tahun 2018.

Fungsi kedua pagar yakni memberi batas yang jelas juga sangat penting kita perhatikan mengingat harga properti sangatlah mahal dan terus mengalami kenaikan.

Karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi tanah menjadi target penyerobotan orang lain. Penyerobotan tanah di Indonensia terus mengalami kenaikan yang salah satu penyebabnya adalah tidak adanya batas tanah yang jelas, tanah belum bersertifikat dan pengawasan pemilik terhadap aset tersebut sangat minim.

Baca Juga : 5 Sebab Tanah Mudah Diserobot Orang Lain, Ketahui Sebelum Menyesal !

Nah untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat merugikan keluarga, barang-barang berharga dan tanah yang kita miliki maka kita perlu mengetahui material yang tepat untuk pembuatan dinding pagar.

Artikel ini akan membahas perbandingan panel beton, bata merah dan batako dari aspek kekuatan saja, Untuk pembahasan masalah aspek biaya dan lama waktu pengerjaan bisa baca di artikel berikut.

Baca Juga : Panel Beton, Bata Merah dan Batako. Mana Yang Paling Unggul ?

Aspek Kekuatan

Seperti yang telah kita bahas bahwa fungsi utama pagar adalah meningkatkan keamanan penghuni rumah dan aset-aset bernilai yang ada di dalamnya. Oleh karena itu aspek kekuatan pagar haruslah menjadi pertimbangan utama.

gambar dinding panel beton terpasang

Terdapat beberapa parameter yang perlu kita ketahui untuk menilai kekuatan suatu bendal. Namun parameter tersebut harus kita konstekstualisasikan dengan kebutuhan suatu benda yang kita gunakan. Kuat tekan, berat jenis, konduktivitas termal dan ketahanan terhadap api adalah parameter kekuatan benda yang perlu kita perhitungkan.

Berikut adalah tabel perbandingan aspek kekuatan antara panel beton, bata merah dan batako.

perbandingan kekuatan antara panel beton, batako dan bata merah

Kuat Tekan

Dinding pagar merupakan topik utama pembahasan kita kali ini maka parameter utamanya adalah kuat tekan benda. Kuat tekan menjadi parameter utama karena pagar sebagai garda terdepan harus kuat menahan tekanan rendah hingga tinggi dari benda lain.

Jika pagar yang kita bangun tidak mampu menahan tekanan maka rumah, kantor atau gudang yang berada di dalamnya akan mengalami kerusakan.

Kuat tekan adalah batas maksimal suatu benda menerima tekanan. Kuat tekan dalam SNI biasanya dinotasikan dengan huruf kapital dan angka. K225 misalnya, kode tersebut menandakan bahwa benda tersebut hanya mampu menahan tekanan sebanyak 225 kg/cm.

Berdasarkan pada tabel tersebut terlihat jelas bahwa panel beton paling kuat dibanding material lainnya. Hal ini terjadi karena panel beton terbuat dari pasir pilihan (pasir beton), semen berkualitas dan juga menggunakan besi sebagai tulangan.

pasir merapi sebagai bahan utama pembuatan beton

Proses pembuatan panel beton juga harus mengikuti ketentuan SNI yang meliputi bahan (pasir berkualitas - Bahan Organik<5%), alat, SOP dan tenaga profesional yang memiliki keahlian khusus.

Baca Juga: 3 Jenis Pasir yang Direkomendasikan dalam Pembuatan Beton

Batako memiliki kuat tekan yang paling rendah karena terbuat dari pasir dengan kualitas rendah – sedang. Pasir dengan kualitas rendah umumnya mengandung bahan organik (lumpur) yang cukup tinggi (>5%). Hal ini membuat ikatan antar material dalam batako tidak terlalu kuat.

Baca Juga : Jenis, kegunaan dan Harga Pasir terlengkap di Jogja dan Jawa Tengah.

Konduktivitas Termal

Nilai yang menggambarkan kemampuan suatu benda dalam menghantarkan panas/kalor disebut konduktivitas termal. Dengan kata lain benda yang memiliki konduktivitas termal tinggi akan memindahkan panas lebih cepat.

Informasi ini penting terutama jika penggunaan panel beton, bata merah dan batako untuk bangunan yang akan kita huni. Sebisa mungkin bangunan yang akan kita huni memiliki konduktivitas termal yang rendah agar suhu di dalam ruangan sejuk.

gambar tungku yang yang tahan api

Berdasarkan pada tabel terlihat jelas bahwa batako memiliki konduktivitas termal terkecil. Namun perlu kita ingat bahwa pagar umumnya berada di luar ruangan sehingga parameter konduktivitas termal ini bisa kita abaikan.

Beda halnya jika kita akan menggunakan benda tersebut untuk sebuah bangunan yang akan kita huni. Maka benda yang memiliki konduktivitas termal renndahlah yang tepat kita pilih.

Berat Jenis (BJ)

Parameter kedua terkait dengan kekuatan suatu benda yang perlu kita ketahui adalah berat jenis.

Berat jenis artinya kepadatan relatif suatu benda terhadap kepadatan dari bahan referensi (air murni). Semakin tinggi berat jenis suatu benda maka benda tersebut memiliki keuatan yang semakin tinggi.

BJ atau berat jenis juga menandakan kepadatan suatu benda. Semakin tidak padat suatu benda maka berat jenisnya semakin rendah.

Contohnya, 1 kg kapas dengan 1 kg besi memiliki berat yang sama, namun kapas sangat porus (banyak pori/ruang kosong) sehingga besi memiliki berat jenis dan lebih padat daripada kapas.

Kepadatan (density) berbanding lurus dengan kuat tekan suatu benda. Semakin padat suatu benda maka kekuatan benda tersebut semakin tinggi. Berdasarkan pada tabel tersebut terlihat jelas bahwa panel beton memiliki berat jenis paling tinggi sehingga bisa kita katakan bahwa panel beton paling kuat.

Ketahanan Terhadap Api

Parameter terakhir yang perlu kita perhatikan adalah masalah ketahanan terhadap api. Benda yang baik untuk suatu  bangunan adalah benda yang memiliki ketahanan terhadap api yang tinggi.

Benda yang memiliki ketahanan terhadap api yang tinggi maka peluang benda itu terselamatkan lebih tinggi. Apalagi jika benda tersebut memiliki fungsi melindungi benda lain maka benda-benda tersebut akan lebih mudah terselamatkan.

                        gambar tungku api yang tahan terhadap panas

Berdasarkan pada tabel tersebut terlihat jelas bahwa bata merah memiliki ketahanan terhadap api paling tinggi. Benda yang memiliki ketahanan api > 1 jam termasuk dalam kategori benda yang baik untuk sebuah bangunan.

Jika kita akan membangun sebuah bangunan yang akan dihuni maka penggunaan bata merah adalah pilihan tepat karena paling tahan terhadap api. Namun jika pengggunaan benda tersebut untuk outdoor maka ketiga jenis benda tersebut cocok untuk dinding pagar.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url