Kenapa Harga Material Bangunan Naik di Bulan Maret - November ? ini Sebabnya..

harga semen by multicon jaya beton
Semen Tiga Roda

Beton Jogja News - Harga material bangunan seringkali naik, sehingga masyarakat sering "kelabakan" saat membelanjakan uangnya untuk perbaikan rumah. 

Kenaikan harga meterial bangunan sebenarnya adalah hal yang lumrah. Dari kacamata hukum ekonomi, jika permintaan lebih besar daripada ketersediaan barang maka harga akan naik.

Namun kenapa kenaikan harga material bangunan seringkali dimulai dari bulan Maret hingga November ?

Analisa mudahnya adalah karena bulan Maret biasanya proyek pemerintah sudah mulai jalan. Proyek-proyek yang dikerjakan oleh swastapun juga mulai jalan. Sehingga ketersediaan barang menipis dan akhirnya harga mulai merangkak.

Baca Juga : Harga paving blok di Jogja Mei 2021 

Dengan analisa sederhana dan tren harga yang sudah terpola tersebut, masyarakat bisa mengatur strategi dalam pembangunan atau renovasi rumahnya.

Material Bangunan Yang Harganya Sering Naik

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan sudah memiliki mekanisme untuk mengontrol harga material bangunan di masyarakat. Kemendag selalu melakukan operasi pasar untuk mengontrol harga barang material bangunan.

Semen merupakan material bangunan yang termasuk dalam kategori kebutuhan pokok yang harganya sering naik. Per tanggal 25 April 2021 Kemendag telah merilis daftar harga semen di Indonesia sebagai acuan masyarakat. Berikut harga semen terkini.

  • Semen Tiga Roda 50 Kg = 60.800 rupiah
  • Semen Holcim 50 Kg = 58.700 rupiah
  • Semen Padang 50 Kg = 62.600 rupiah
  • Semen Tonasa 50 Kg = 62.900 rupiah      
  • Semen Bosowa 50 Kg = 61.800 rupiah    
  • Besi Beton 6 mm (12 atau 9 m) = 29.700 rupiah
  • Besi Beton 8 mm (12 atau 9 m) = 48.200 rupiah
  • Besi Beton 10 mm (12 atau 9 m) = 69.700 rupiah
  • Besi Beton 12 mm (12 atau 9 m) = 107.300 rupiah             
  • Paku Ukuran 2 Cm = 21.500 rupiah 

Baca Juga : Harga Pagar Panel Beton di Jogja tidak naik

Bahan material diatas merupakan bahan pokok dalam pembuatan konstruksi bangunan, sehingga menjadi penentu anggaran dan biaya suatu bangunan.


pagar panel multicon jaya beton
Pagar Panel


Bahkan pada Indonesia wilayah tertentu, perbedaan harga sangat tinggi sekali dengan bagian perkotaan.

Meskipun harga mateial bangunan terutama semen dan besi naik, namun beberapa produk turunannya tidak mengalami kenaikan. Produk turunan tersebut diantaranya adalah:

Beberapa pabrik penghasil produk tersebut tidak menaikan harga karena mempertimbangkan ekonomi masyarakat yang saat ini belum pulih seutuhnya.

Strategi Menghemat Biaya Pembangunan Rumah

Harga material bangunan sangat bervariasi dan fluktuatif. Variasi harga tersebut bisa terjadi pada waktu (bulan), lokasi (wilayah) maupun toko banguanan tempat kita beli material bangunan.

Oleh karena itu, kita perlu megatur strategi bagaimana cara menghemat biaya untuk pembangunan rumah idaman kita. Berikut adalah beberapa strateginya:

Beli disaat harga material bangunan murah

Harga material bangunan sebenarnya sudah memiliki pola yang bisa kita baca. Umumnya harga akan mulai naik saat memasuki bulan Maret atau April dan akan berakhir di bulan November. 

Jika kita mau mendapatkan material bangunan dengan harga yang murah maka tidak ada salahnya kita membeli di bulan Desember - Februari. Konsekuensinya adalah pembangunan rumah akan dimulai bulan Maret - April. Umumnya bulan Maret dan April curah hujan sudah tidak terlalu tinggi sehingga tidak mengganggu aktivitas pembangunan.

Survei harga dari toko ke toko

Harga material bangunan antar toko satu dengan toko lainnya sering kali berbeda meskipun jenis dan ukurannya sama.

Oleh karena itu, lakukan survei harga pada masing-masing toko bangunan. Memang kita perlu menyisihkan waktu untuk hal ini, namun jika kita bisa mendapatkan harga terbaik dari salah satu toko bangunan maka itu akan sangat membantu kita dalam mewujudkan rumah idaman kita.

Survei harga material bangunan di toko tidak harus dilakukan secara face to face. Survei bisa dilakukan dengan googling di internet, via telephone dan meminta rekomendasi teman atau kerabat yang baru membangun rumahnya.

Pilih jasa tukang dengan sistem borongan

Jasa tukang merupakan salah satu bagian dalam proses pembangunan rumah yang wajib kamu rencanakan dengan matang. Mulai dari siapa yang akan mengerjakan sampai waktu pengerjaan pembangunan.

Pilihlah jasa tukang yang dapat dipercaya, pilih mereka yang berpengalaman dan memiliki reputasi kerja yang tidak diragukan lagi.

Umumnya jasa tukang ada dua jenis yaitu sistem harian dan borongan. Sistem borongan bisa menjadi alternatif dalam menekan biaya pembangunan rumah. 

Dalam sistem harian, kamu harus mengawasi pengerjaan mereka setiap hari. Jika dalam beberapa hari ke depan pengerjaannya terlihat tidak beres, maka kamu berhak memberhentikannya saat itu juga.

Sedangkan dalam sistem borongan, kamu tidak perlu mengawasi mereka setiap hari. Ada mandor yang bekerja di atas mereka (yang mewakili keberadaan kamu), tapi lagi-lagi kamu tetap harus merekrut orang yang kamu percayai sehingga pembangunan dapat berjalan dengan lancar sampai selesai.

Jika dilihat dari biayanya, sistem borongan dirasa lebih menghemat budget daripada sistem harian. Namun, karena sistem borongan dibayar langsung sekaligus (tidak per hari), mereka sering kali terburu-buru mengerjakan sampai tidak memperhatikan kualitas bangunannya.

Sebaliknya, sistem harian membutuhkan lebih banyak biaya karena para tukang akan lebih memperhatikan kualitas bangunan (bukan waktu pengerjaan). Tapi, tidak jarang mereka bertindak curang dengan mengulur-ulur waktu agar mendapatkan bayaran yang lebih banyak.


Sumber: 
- Koinworks
- Ilmu bangunan
- portal pikiran rakyat kudus.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url