Mantap ! Pagar Panel Sepanjang 74 M Selesai Dalam 3 Hari !!

 Pagar panel beton sepanjang 74 m dengan tinggi 2 m di Tempel, Sleman berhasil dipasang oleh CV Multicon Jaya Beton hanya dalam waktu 3 hari.

CV Multicon Jaya Beton sebagai perusahaan yang ahli di bidang pagar panel beton telah mengerahkan 5 personil terbaiknya untuk memasang pagar panel beton di Tempel, Sleman Yogyakarta pada 14 Januari 2022.

Berbekal pengalaman lebih dari 8 tahun di bidang pemasangan panel beton, pengerjaan pagar sepanjang 74 m ini berjalan lancar meskipun banyak kendala lapangan yang ditemui.

Lahan seluas 280 m2 tersebut rencananya akan digunakan sebagai rumah dan warung kelontong. Sang pemilik tanah merupakan warga asli Tempel namun sudah menjadi warga bogor sejak kurang lebih 20 tahun yang lalu.

Kondisi tanah yang dipenuhi pepohonan keras seperti kelapa, durian, nangka dan mahoni dll menjadi salah satu tantangan dalam pemasangan pagar panel beton.

Kontur Tanah Bergelombang

Salah satu tantangan dalam pemasangan pagar panel adalah kontur tanah. Lahan yang kontur tanahnya bergelombang akan lebih sulit dipasang dibanding lahan dengan kontur tanah yang datar.

Jika pemilik tanah ingin memiliki pagar panel yang rata maka ia harus meratakan tanahnya terlebih dahulu. Agar pagar panel bisa terpasang rapi dan rata sehingga lebih enak dipandang mata.

tampilan pagar panel ngetrap
Gambar pagar panel mengikuti kontur tanah


Namun, jika pemilik tanah memiliki keterbatasan biaya untuk perataan tanah maka pagar panel akan dipasang mengikuti bentuk tanah.

Pemasangan pagar panel yang mengikuti kontur lahan ini sering disebut dengan"nge-trap".  Trap atau tingkat merupakan model kontruksi bangunan yang dibangun menyesuaikan tingkatan ketinggian lahan. 

Secara teori, pembuatan bangunan pada lahan yang bertingkat tidak menjadi persoalan serius tatkala persayaratannya terpenuhi dan dikerjakan sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Persyaratan yang harus dipenuhi pada lahan bertingkat adalah jenis tanahnya keras dan tidak mudah longsor, tanah tidak labil atau adanya lapisan impermeable dan diatas petakan lahan yang akan dibangun tidak ada bendungan air atau persawahan, 

Banyak Pohon Besar

Sebelum dilakukan pemasangan pagar panel, semua pepohonan yang akan dilewati pagar harus dipotong terlebih dahulu. Pembersihan pohon ini tidak hanya penebangan saja namun juga pembersihan akar pohon.

Posisi akar pohon yang berada pada tiang/kolom pagar wajib dibersihkan agar pemasangan pagar dapat lebih mudah dan konstruksi pagar yang terbangun menjadi lebih kuat.

Pembersihan akar pohon juga memiliki berbagai tingkat kesulitan. Pohon yang batangnya kecil umumnya akarnya juga kecil sehingga lebih mudah dibersihkan.

gambar pagar beserta pohon yang telah dirobohkan
Gambar pepohonan yang telah dirobohkan


Pohon dengan akar tunggang lebih mudah dibersihkan dibanding jenis pohon yang berakar serabut seperti pohon kelapa dan pohon aren. Pembersihan akar pohon kelapa akan lebih cepat jika menggunakan alat berat (excavator). 

Selain pohon yang posisinya akan dilewati pagar panel, pohon yang sudah tua dan yang sangat tinggi juga perlu ditebang meskipun posisinya tidak persis berdekatan dengan pagar.

Penebangan pohon tua dan pohon yang tinggi ini bertujuan untuk menghindari pohon roboh saat pagar sudah terpasang. 

Selian itu, jika pagar sudah terpasang dan di kemudian hari pemilik tanah akan menebangnya akan mengalami kesulitan karena besar kemungkinan penebangan pohon akan merusak konstruksi pagar.

Desain Pagar

Pagar panel beton yang terpasang di Tempel ini memiliki ukuran 20 m x 17 m. Karena lahan ini akan digunakan sebagai rumah dan warung kelontong maka akan dibuat dua pintu.

Pintu pertama adalah pintu depan yang berukuran 2.5 - 3 m sedangkan pintu kedua adalah pintu belakang yang hanya berukuran 1 m.

Berikut adalah gambar desain pagar panel beton yang terpasang.

desain pagar panel beton


Jarak pagar depan ke jalan raya adalah 5 meter. Dengan jarak 5 m maka mobil kecil dan besar akan bisa laluasa masuk ke toko. 

Berikut adalah gambar pagar panel beton dari sisi depan.

pagar panel beton tampak depan
Pagar panel tampak depan


Berikut adalah gambar pagar panel terpasang secara keseluruhan.

tampilan pagar panel dari berbagai sisi
Gambar pagar panel terpasang




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url